Rabu, 21 November 2012

SEARCH ENGINE Disusun guna memenuhi memenuhi tugas mata kuliah IT dalam Kesehatan


SEARCH ENGINE
Disusun guna memenuhi memenuhi tugas mata kuliah
IT dalam Kesehatan


SEARCH ENGINE

1.      Pengertian Search Engine
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halamansitus web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web.
2.      Sejarah Search Engine
·         Pada tahun 1957, presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower, memerintahkan untuk pembangunan Advanced Research Project Agency (ARPA) karena iri dengan keberhasilan Russia yang mampu pergi ke luar angkasa. Dengan merangkul beberapa universitas, akhirnya mereka menciptakan ARPAnet yang merupakan bapak moyang internet zaman modern. Sejarah search engine diawali dengan adanya temuan internet.
·         Pada tahun 1960, Sejarah search engine berlanjut ketika Ted Nelson menciptakan Projek Xanadu dan tiga tahun berikutnya berhasil membuat hiperteks yang berisihiperlink. Sekarang, kita mengenalnya dengan kata link (tautan).
·         Pada tahun 1980, perkembangan internet bergerak ke Eropa. Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan yang bekerja di CERN, membuat program untuk menyimpan informasi dengan asosiasi acak. Program ini digunakanuntuk pribadi dan tidak dipublikasikan.
·         Alat pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet adalahArchie yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf "v".  Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
·         Jika program Archie meng-index file komputer, “Gopher” meng-index teks dokumen. Gopher diciptakan pada tahun 1991 oleh Mark Mccahill di Universitas Minnesota. Karena berbentuk file teks, hampir semua situs gopher menjadi website setelah terciptanya World Wide Web. Program yang lainnya yaitu “Veronica” dan “Jughead”, yang berfungsi untuk mencari file yang disimpan di dalam sistem index Gopher. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan pencarian dengan menggunakan kata kunci di menu judul dalam seluruh daftar Gopher. Jughead ( Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display ) adalah suatu alat untuk memperoleh menu informasi dari beberapa jenis Gopher server. Masih di tahun 1991, dengan bantuan Robert Cailliau, Berners-Lee menulis World Wide Web (www) untuk pertama kalinya. Pertama kali dipublikasikan pada dunia pada musim panas tahun tersebut. Dalam sejarah search engine, www ini nantinya akan menjadi tempat atau sumber informasi yang dikumpulkan search engine.
·         Search engine pada web yang pertama adalah “Wandex”, suatu nowdefunct index yang dikumpulkan oleh World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dikembangkan oleh Matthew Gray lulusan MIT tahun 1993. Pada tahun yang sama, sebuah search engine lainnya keluar yaitu Aliweb, yang saat ini masih ada.
·         Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos yang dibuat oleh Dr. Michael Loren Mauldin, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
·         Search engine pertama kalinya yang “full text” atau search engine yang hampir semuanya tulisan adalah Web Crawler yang muncul pada tahun 1994. Tidak seperti search engine sebelumnya, web crawler mengijinkan para pemakai mencari informasi dengan menggunakan kata apa saja pada halaman web mana saja. Inilah yang menjadi standarisasi dari semua search engine yang ada sekarang ini.
·         Pada tahun 1994, Yahoo! dibuat oleh Jerry Wang dan David Fillo di rumah mobil mereka. Awalnya, Yahoo! dibuat untuk menandai situs yang telah mereka kunjungi.
·         Pada tahun 1995, Altavista dibuat oleh Louis Monier dan Michael Burrows, Excite dibuat oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch, Martin Reinfreid
·         Pada tahun 1996, Ask Jeeves dibuat oleh Garett Gruener dan David Warthen, Inktomi dibuat oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier. Di tahun yang sama, Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Universitas Stanford, mulai membuat BackRub. Konsep baru pembuatan mesin pencari diperkenalkan. Ini merupakan cikal bakal Google yang lahir tahun berikutnya. dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman.
·         Pada tahun 1997, Larry Page dan Sergey Brin mengganti nama BackRub menjadi Googol. Namun, dalam presentasinya, presenter memperkenalkannya sebagai Google, nama itulah yang mendunia sekarang.
·         Pada tahun 1998, GoTo.com diperkenalkan sebagai mesin pencari berbayar.. MSN diluncurkan pada akhir tahun. Mesin pencari ini kemudian berganti nama menjadi Windows Live Search pada 2006, dan pada 2008 diganti lagi menjadi Bing.
·         Pada tahun 2000, terinspirasi GoTo.com, Google membuat AdWords. Pada saat itu Yahoo!  masih menggunakan Google untuk melakukan pencarian
·         Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista
·         Di tahun 2003, Google memperkenalkan AdSense yang memungkinkan pemilik situs memajang iklan. . Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.
·         Pada tahun 2004, Yahoo! mulai mengaktifkan mesin pencarinya sendiri.
·         Pada tahun 2006, Google mengakuisisi YouTube, sebuah situs yang bisa memutar video, sekaligus mesin pencari video yang paling banyak digunakan saat ini. Di tahun yang sama, dengan jumlah pencari makin banyak dan sistem yang makin kompleks, makin banyak pula informasi yang tidak diinginkan hadir. Google Sitemap memperbolehkan sebuah situs memasukkan petasitus agar pencarian lebih relevan.
·         Pada tahun 2009, Google mampu mencari 8 miliar situs dan memproses pencarian sampai 70% di seluruh internet. Hal itu membuat Google menjadi situs yang paling banyak diakses di dunia. Tetapi, seiring diperkenalkannya Bing dari Microsoft, mereka bersaing berbagi pasar.
·         Tahun 2010, Google Instant mulai diperkenalkan. Dengan sistem barunya, pencarian dimulai saat pencari mengetikkan kata kunci, tanpa perlu menekan enter.
·         Tahun 2011, Google Panda akan mulai diperkenalkan ke khalayak ramai. Semua hal yang berkaitan dengan SEO pun akan dibebankan kepada Google panda ini.
3.      Cara Kerja Search Engine
Mesin pencari memiliki hal pertama yang harus dilakukan agar dapat berfungsi adalah untuk membuat database lokal, pada dasarnya adalah Internet. Awalnya mesin pencari hanya mengindeks kata kunci dan judul halaman, tapi pencarian indeks mesin kontemporer saat ini semua teks pada setiap halaman, serta banyak data lain tentang hubungan yang halaman ke halaman lain, dan dalam beberapa kasus semua atau sebagian dari yang tersedia di halaman media juga. Search engine perlu untuk mengindeks semua informasi ini sehingga mereka dapat menjalankan pencarian yang efisien untuk melayani semua query pencarian.
Search engine membuat database dengan menjelajah Internet secara periodik. Mesin pencari awalnya memerlukan mendaftarkan halaman tertentu untuk di sampaikan kepada database search engine agar bisa di crawal , tetapi halaman sekarang sebagian besar ditemukan dengan mengikuti link dari halaman lain.
Apa yang disebut robot atau spider, program komputer dibangun ke halaman indeks, berpindah dari halaman ke halaman, merekam semua data pada halaman, dan mengikuti setiap link ke halaman baru. Mesin pencari yang berbeda memperbaharui indeks pada interval yang berbeda, tergantung pada berapa banyak laba-laba yang terus-menerus meng-crawal, dan seberapa cepat laba-laba mereka merangkak (crawl), sebagain robot bekerja setiap hari atau dua hari, dan lainnya hanya melakukan refresh periodik setiap minggu atau bulan.
Seperti laba-laba berjalan melalui halaman-halaman yang di temukan, mencatat kata-kata yang ditemukan pada halaman. Itu membuat catatan tentang berapa kali setiap kata muncul, apakah kata-kata yang tertimbang dengan cara tertentu, mungkin berdasarkan ukuran, lokasi, atau HTML markup, dan memutuskan bagaimana kata-kata yang relevan berdasarkan link yang datang ke halaman, dan pada konteks umum halaman.

4.      Jenis Search Engine
1. Crawler-Based Search engine
Seperti yang terlihat dari namanya, search engine jenis ini menggunakan robot atau crawler untuk mengumpulkan informasi dari jagat internet. Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tida relevan tidak seperti yang kita ingin kan. Search engine ini telah menggunakan software laba-laba atau spider software yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengumpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.
2. Human-Powered Web Directories
Berbeda dengan search engine yang menggunakan crawler atau robot untuk melakukan pengumpulan data, web direktori mengandalkan ketelitian manusia dalam melakukan seleksi dan pengelompokan website. Pengelompokan hasil pencarian juga tidak berdasarkan keyword, namun berdasarkan kategorisasi yang telah ditentukan dan juga berdasarkan urutan alfatebis. Beberapa contoh yang cukup populer adalah
3. Hybrid-Search Engine
Tipe ini adalah search engine yang mengombinasi kan Crawler dan juga web direktori untuk menghasilkan hail pencarian yang relevan. Search engine ini merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web. Sebagai contoh misalkan ada sebuah website yang dikategorikan dalam web direktori sebagai perusahaan lokal penjual garmen di kota kudus, maka algoritma search engine hybrid tidak akan menampilkan website ini sebagai hasil pencarian penjual garmen di kota Chicago.
4. Meta Search Engines
Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Search engine tipe ini pada dasarnya pengembangan dari berbagai search engine yang ada, karena mereka tidak melakukan pencarian dengan algoritma kompleks seperti tipe crawler atau hybrid. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin pencari yang ada. Tipe ini melakukan ekstraksi hasil pencarian dari berbagai search engine dan web direktori, kemudian melakukan pengelompokan data dan menampilkannya. Semakin sering sebuah halaman web ditampilkan pada berbagai search engine, maka halaman tersebut akan memiliki ranking yang tinggi di meta search engine

5.      Contoh Search Engine berdasarkan cara kerja
1.      Crawler - Based Search Engine
a.       Google
Google adalah search engine yang didirikan oleh 2 orang mahasiswa dari Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brind. Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! 
b.      Yahoo!
Yahoo didirikan oleh David Filo dan Jerry Yang, alumni mahasiswa teknik universitas Stanford pada April 1994. Pada awalnya Yahoo hanya sebuah bookmark, lalu berkembang menjadi portal web terbesar hingga saat ini. Yahoo adalah site pertama yang berusaha mengkatalogkan web, menawarkan daftar direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan jasa- jasa lainnya.
2.      Human- Powered Web Directories
a.       Open Directory Project (DMOZ)
DMOZ didirikan pada Juni 1998 oleh Rich Skrenta. Rich Skrenta mendirikan DMOZ untuk membuat suatu lingkungan yang mendukung yang akan memperbolehkan editor sukarelawan untuk tetap berjalan bersaam dengan meledaknya internet. Karena lebih mengutamakan pada project, tidakada staff direktori yang boleh mereview, menambah, dan mengontrol yang dibuatoleh direktori yang diedit oleh manusia.
b.      Looksmart
Looksmart bukanlah search engine, tetapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner   
3.      Hybrid- Search Engine
a.       Altavista
Altavista dikeluarkan Desember 1995 oleh Digital Equipment Corporation’s (DEC). Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (advanced search) dengan menggunakan operator Boolean. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Altavista merupakan versi pertama ‘Google’ sekitar tahun 2000an.
b.      Lycos
Lycos merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajahi website. Spider dididni adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. 


4.      Meta Search Engine
a.       Excite
Excite didirikan sebagai Architext pada tahun1994 oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin Reinfried, yang semuanya dalah mahasiswa Universitas Stanford. Excite merupakan mesin pencari yang sangat digemari. Excite dapat menerima operasi logika Boolean dalam pencarian data. Operasi Boolean yang disediakan adalah OR, AND dan AND NOT. Tanda kurung untuk menyusun tahapan logika Boolean juga dapat dipakai. Excite juga dapat mencari kata- kata ynag dianggap sebagai suatu kesatuan dengan mengapit kata- kata tsb dengan tanda kurung.
b.      Webcrawler
Webcrawler memiliki keunggulan pencariannya yang detail, WebCrawler tidak hanya mencari pada judul dan nama URL tetapi juga isi suatu dokumen. Operasi logika NEAR dan ADJ dapat dipakai untuk mengurangi jumlah laporan hasil pencarian. Bila peranti pencari lainnya umumnya mencari pada URL web saja, WebCrawler mencari juga pada lokasi Gopher, server FTP dan server lainnya selain web. Banyaknya hasil pencarian yang dilaporkan dapat diatur. Kelemahannya, karena pencariannya detail, waktu pencarian lebih lama dan WebCrawler tidak sering mengupdate basis datanya.
6.      Macam- macam Search Engines
1.      Google
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Kelebihan
a.     Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
b.    lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
c.     Tampilan yang sederhana.
d.   Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan
e.    Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan
a.       Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada  halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2.      Yahoo!
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.  berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas : 
Kelebihan:
a.     Cara surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
b.    Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
c.     Salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
d.    Banyak fasilitas yang disediakan
e.     Sudah ada di banyak negara
Kekurangan:
a.    Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan MSN
b.    Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
c.    Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
d.    Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3.  Live Search
Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.
Kelebihan : 
1.    Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupunmusik, serta lainnya.
Kekurangan :
1. Search engine ini tidak begitu populer
4.   Web Crawler
Web crawler adalah suatu program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.
Search engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa menggunakan web crawl untuk melakukan analisis tekstual; yaitu, mereka bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan hari ini (keyword populer). Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh siapapun yang melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah berlangsung perubahan  yang signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu terselesaikan dan dilakukan pembenahan serta perbaikan.
Kelebihan
1.   Suatu program atau script otomatis yang relatif simple
2.   Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine

Kekurangan
1.    Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan

5.       Looksmart
Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.
Kelebihan
1.  Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
Kekurangan
1.  Situs ini merupakan yang termasuk berbayar
6.   MSN
Kelebihan
1.  Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
Kekurangan
1. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
7.   Wisenut
Kelebihan
1.   Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah
2.   Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada
3.   Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan
4.   Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan
5.   Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi
Kekurangan
1.  Situs ini telah ditutup

8.    Alltheweb
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.  
Kelebihan
1.    Kemudahan dalam mencari.
2.    Tampilan yang sederhana seperti Google.
3.    Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4.    Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
Kekurangan
1.    Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2.    Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3.    Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
9.   Ask Jeeves
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan (misal: when did world war II end?)
Kelebihan :
Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
10.  AltaVista
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
Kelebihan
1.    Keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2.    Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
Kekurangan
1.    Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
11.  Lycos
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Kelebihan
1.    Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2.    Dalam hal pencarian cepat.
3.    Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.    Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
Kekurangan
1.    Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2.    Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.
7.      Teknik Pengoptimalan Search Engine
Pengertian SEO adalah mengoptimalkan sebuah blog dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu agar dibanjiri pengunjung yang dating dari search engine.
Arti SEO sangat penting untuk dipahami bagi para blogger sebab anda dapat mencari teknik apa saja yang dibutuhkan untuk SEO. Para master menggunakan teknik ini untuk mendapatkan keuntungan dari internet yang biasa disebut dengan istilah internet marketing.
Pengertian SEO dengan teknik SEO off page adalah teknik yang sangat penting dan agak sulit karena anda harus menanamkan link di situs orang lain yang bersedia untuk memberikan link balik/back link kepada anda secara Cuma-Cuma. Biasanya jika kita ingin back link kita juga harus memberikan keuntungan untuk dia seperti halnya bertukar link tetapi dengan bertukar link menurut para master tidak begitu baek karena link menjadi dua arah yang bagus adalah link yang hanya satu arah. Teknik ini pun opunya keuntungan yang harus dipenuhi agar back link yang ditanam adalah link yang berkualitas dan sesuai keyword yang ditargetkan.

Contoh pengoptimalan pencarian:
CONTOH ;
·         Perilaku sehat
Memerintahkan google untuk mencari bahasan tentang perilaku , sehat , juga bisa perilaku sehat.
·         Perilaku OR sehat
Memerintahkan google untuk Mencari bahasan tentang perilaku atau sehat.
·         Perilaku AND sehat
Memerintahkan google untuk Mencari bahasan tentang perilaku dan sehat.
·         Perilaku NOT sehat.
Memerintahkan google untuk Mencari bahasan tentang perilaku tetapi tidak tentang sehat.
·         Perilaku NEAR sehat.
Memerintahkan google untuk Mencari bahasan tentang perilaku yang mendekati bahasan tentang sehat.





DAFTAR PUSTAKA

-          Irawan, Taufik. 2012. Sejarah Search Engine. Official Community : Blogspot.
-          Nn. 2011. SEO (Search Engine Optimation). Planet Directory : Blogspot.
-          Nn. 2011. Cara Kerja Search Engine. Frozer Files : Blogspot.
-          Tivani, Harival. 2012. Macam-macan Search Engine dan Spesifikasinya. Blogspot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar