Jumat, 23 November 2012

KTI BAB IV METODE PENELITIAN


BAB IV
METODE PENELITIAN


A. Desain Penelitian
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang kesehatan reproduksi remaja dengan upaya mempersiapkan masa pubertas pada anaknya.
B. Populasi dan Sampel
1) Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu siswa Kelas 6 SD Ardimulyo Singosari Malang berjumlah 122 orang.
2) Sampel
Sampel penelitian ini dengan cara total sampling, yaitu keseluruhan dari populasi sebanyak 122 orang. Tetapi yang bersedia mengisi dan mengembalikan kuesioner hanya 78 orang.
a. Kriteria inklusi
1. ibu yang anaknya berusia 11-13 tahun
b. Kriteria eksklusi
1. ibu yang memiliki anak berusia diatas 13 tahun

C. Tempat Penelitian
Tempat penelitian adalah SD Swasta Harapan Medan. Alasan memilih lokasi penelitian ini adalah belum pernah diteliti pengetahuan ibu tentang kesehatan reproduksi remaja dengan upaya mempersiapkan masa pubertas pada anaknya.
D. Waktu Penelitian
Waktu penelitian ini dilakukan mulai Maret-Mei 2012
E. Etika Penelitian
Dalam melakukan penelitian ini peneliti mendapat izin dari ketua program D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang dengan mengajukan penelitian kepada Kepala sekolah SD Swasta Harapan Medan. Peneliti membagi lembar persetujuan (informed consent) yang dilanjutkan dengan pengisian kuesioner.
Untuk menjaga kerahasiaan, maka kuesioner yang diberikan tidak mencantumkan nama responden akan tetapi dengan menggunakan kode pada masing-masing lembar kuesioner tersebut sehingga hanya peneliti yang mempunyai akses terhadap informasi tersebut, dan informasi yang diperoleh hanya dipergunakan untuk penelitian.
F. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disusun oleh peneliti secara tertutup serta berisikan pertanyaan yang harus dijawab responden. Instrumen ini berisi data pengetahuan ibu tentang kesehatan reproduksi dalam upaya mempersiapkan masa pubertas pada anaknya.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner responden. Kuesioner ini berisi pertanyaan untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang kesehatan reproduksi remaja. Bagian ini terdiri dari 34 pertanyaan. Untuk menilai pengetahuan ibu tentang kesehatan reproduksi remaja, dilakukan penilaian dengan kriteria menggunakan skala yang menyediakan dua alternatif jawaban.
Untuk mendapatkan kriteria digunakan perhitungan berikut :
- Menentukan skor terbesar dan terkecil
Skor terbesar : 34
Skor terkecil : 0
- Menentukan nilai rentang (R)
Rentang = skor terbesar – skor terkecil
= 34-0 = 34
- Menentukan nilai panjang kelas (i)
Rentang (R)
Panjang kelas (i) =


= 34/2 = 17
- Menentukan skor kategori
Cukup = 0 + 17 = 17 (Dari jumlah pertanyaan, responden hanya benar
menjawab 0-17 pertanyaan)
Baik = 17 + 17 = 34 (Dari jumlah pertanyaan, responden benar
menjawab 18-34 pertanyaan)
Kuesioner pertanyaan untuk mengetahui upaya ibu dalam mempersiapkan masa pubertas pada anaknya. Bagian ini terdiri dari 12 pertanyaan dilakukan penilaian dengan kriteria menggunakan skala yang menyediakan dua alternatif jawaban.
Untuk mandapatkan kriteria digunakan perhitungan berikut :
- Menentukan skor terbesar dan terkecil
Skor terbesar : 12 Skor terkecil : 0
- Menentukan nilai rentang (R)
Rentang = skor terbesar – skor terkecil
= 12-0
= 12
- Menentukan nilai panjang kelas (i)
Rentang(R)
Panjang kelas (i) =
= 12/2= 6
- Menentukan skor kategori
Kurang = 0 + 6 = 6 (Dari jumlah pertanyaan, responden hanya benar menjawab 0-6 pertanyaan)
Baik = 6 + 6 = 12 (Dari jumlah pertanyaan, responden benar menjawab
7-12 pertanyaan)
G. Validitas dan Reliabilitas Instrumen
Uji validitas dimaksudkan agar pertanyaan yang termuat dalam kuesioner bisa mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh instrumen atau kuesioner tersebut. Suatu pertanyaan dikatakan valid dan dapat mengukur variabel penelitian yang dimaksud jika nilai koefisien validitasnya (á ≥ 0,05). Uji validitas akan dilakukan dengan content validity oleh pakarnya, yaitu dokter spesialis obstetri ginekologi dr. Ichwanul Adenin, SpOG.
Uji reliabilitas dimaksudkan untuk mengukur tingkat kesetabilan atau kekonsistenan jawaban yang diberikan reponden atas pertanyaan dari kuesioner. Sekumpulan pertanyaan untuk mengukur suatu variabel dikatakan reliabel dan berhasil mengukur dimensi variabel yang kita ukur jika koefisien realibilitasnya lebih dari 0,5 (á ≥ 0,05) sudah memadai syarat reliabilitas. Uji reliabilitas dilakukan pada 20 responden di SDN 101745 Medan Helvetia yang mempunyai kriteria sama dengan sampel pada bulan Maret, kemudian data diolah menggunakan SPSS dengan mencari nilai koefisien realibilitas Alpha Cronbach. Untuk pertanyaan pengetahuan didapat nilai alpha cronbach 0,764. Sedangkan pertanyaan upaya nilai alpha cronbach 0,789.
G. Prosedur Pengumpulan Data
Penelitian ini dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari ketua program D-IV Bidan Pendidik Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara, kemudian peneliti meminta izin kepada Kepala Sekola SD Swasta Harapan Medan untuk melakukan penelitian dengan memberikan rekomendasi dari Ketua Program D-IV Bidan Pendidik Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Peneliti membuat persetujuan untuk responden yang akan diteliti dengan menyerahkan lembar persetujuan (informed consent). Selanjutnya, didalam informed consent peneliti menjelaskan manfaat dan tujuan serta memberitahukan bahwa tidak ada pengaruh negatif yang akan terjadi selama dan sesudah pengumpulan data dan mengatakan bahwa kerahasiaan identitas responden dapat di jaga dan apabila responden menolak untuk diteliti maka tidak dipaksakan.
Dalam lembar kuesioner tidak dituliskan nama responden untuk merahasiakan identitasnya, hanya kode tertentu pada lembar kuesioner serta hanya peneliti yang
mempunyai akses terhadap informasi tersebut, dan informasi yang diperoleh hanya dipergunakan untuk penelitian.
Data diperoleh dari kepala sekolah yaitu jumlah seluruh siswa kelas 6 SD Swasta Harapan Medan. Kemudian kuesioner dibagikan melalui siswa dan dibawa pulang kerumah untuk di isi oleh ibu masing-masing siswa, diberikan waktu 1 minggu untuk diisi setelah itu dikumpul kembali kepada guru bimbingan konseling.
H. Analisis Data
Analisa data hasil penelitian disesuaikan dengan tujuan penelitian. Analisa data yang dilakukan dengan 2 cara yaitu :
a. Analisis Univariat
Yaitu menganalisis tiap-tiap variabel penelitian yang ada dengan menghitung distribusi frekuensi dan proporsinya untuk mengetahui karakteristik dari subjek penelitian, tingkat pengetahuan, dan upaya yang dilakukan dalam mempersiapkan anak memasuki masa pubertas.
b. Analisis Bivariat
Yaitu untuk melihat hubungan 2 variabel dengan menggunakan sistem komputerisasi. Untuk uji hipotesis yang digunakan adalah chi square dengan signifikan (p<0,05) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang kesehatan reproduksi remaja dalam upaya mempersiapkan masa pubertas pada anaknya.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar