Rabu, 14 November 2012

KTI Latar Belakang Masalah seksualitas dikalangan remaja

REMAJA & SEKS : 

 

REMAJA & SEKS

BAB I PENDAHULUAN: 

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah seksualitas dikalangan remaja adalah masalah yang cukup pelik untuk di atasi. Di satu sisi ,perkembangan seksual itu muncul sebagai bagian dari perkembangan yang harus dijalani,namun disisi lain,penyaluran hasrat seksual yang belum semestinya dilakukan dapat menimbulkan dan berakibat yang serius seperti kehamilan atau tertular penyakit kelamin

TUJUAN : 

TUJUAN Mendidik dan mengarahkan Remaja mengenai Seks yang Baik menurut Agama dan Medis guna menghindari Perilaku Seks Bebas, sehingga dapat terbebas dari Dosa dan terbebas dari Penyakit Menular Seksual .

Rumusan Masalah: 

Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, maka permasalahn dapat diuraikan sebagai berikut: Masalah Sex ditinjau dari pandangan Agama dan Medis . Dampak yang timbul dari Sex bebas, khususnya pada Remaja, Penanggulangan masalah Sex Bebas pada Remaja.

BAB II PEMBAHASAN: 

BAB II PEMBAHASAN A. Bagaimana seks ditinjau dari pandangan agama dan medis? Islam menganggap bahwa seks adalah sebagai suatu yang suci bahkan sebagai suatu sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. ”Namun seks yang bagaimana? Yaitu seks yang sesuai dengan aturan-aturan syariat islam. Alloh menciptkan naluri seks pada diri manusia sebagai sarana penjaga kesinambungan eksistensi umat manusia di dunia dan juga sebagai sarana kesenangan bagi manusia.

Lanjutan....: 

Lanjutan.... Firman ALLAH SWT dalam Al- Qurán “Dan diantara tanda-tanda kekuasanNYA ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantara kamu rasa kasih dan sayang. S esunguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda- tanda bagi kaum yang terpelajar.(QS. Ar-Ruum:21).

PowerPoint Presentation: 

Bila seks dipraktekan dalam kerangka yang benar sesuai dengan syariat Islam bukan hanya kesenangan dan kepuasan yang didapat melainkan juga Pahala dari ALLAH SWT. Pernikahan adalah satu-satunya sarana yang Sah, halal, bagi pemenuhan kebutuhan seksual dan reproduksi.

PowerPoint Presentation: 

Dalam masyarakat masa kini interaksi antara laki-laki dan perempuan bukan muhrim sulit dihindari. Kedua jenis kelamin dalam penampilan dan tingkah lakunya dapat merangsang nafsu seksual. Hal ini dapat menggiring kepada perbuatan dosa (zina). Dalam Islam bukan hanya perzinahan yang harus dihindari , segala sesuatu yang mendekati (berpotensi) menggiring kepada perzinahan juga harus dihindari.

PowerPoint Presentation: 

Seksualitas menyangkut dimensi biologis (medis) berkaitan dengan organ reproduksi dan alat kelamin dan fungsinya serta upaya menjaga kesehatan organ reproduksi. Disamping organ reproduksi juga terdapat hormon-hormon yang berperan dalam proses reproduksi, diantaranya: Estrogen,Progesteron pada wanita dan Testoteron pada laki-laki.

PowerPoint Presentation: 

Kurangnya pengetahuan tentang seks pada keluarga dan di anggap tabu untuk dibicarakan antara orang tua dengan anak-anaknya, perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas bertanggung jawab atas munculnya dorongan seks, meningkatnya kejadian seks bebas dan permasalahan yang diakibatkan oleh seks bebas, seperti aborsi, kejahatan seksual, renggangnya hubungan keluarga, meningkatnya pemakaian narkoba dan kriminalitas lainnya.

B. Dampak yang Timbul Dari Sex Bebas, khususnya Pada Remaja: 

B. Dampak yang Timbul Dari Sex Bebas, khususnya Pada Remaja Bahaya Fisik Bahaya fisik yang dapat terjadi adalah terkena penyakit kelamin menular, di antaranya HIV/AIDS, Gonorhoe dll. Bahaya Prilaku dan Kejiwaan Dalam hidupnya akan diperbudak oleh sex. Bahaya Sosial Tidak terbentuk manusia yang bertangungjawab.

Lanjutan...: 

Lanjutan... Bahaya Perekonomian Sex bebas akan melemahkan perekonomian si pelaku karena menurunnya produktivitas si pelaku akibat kondisi fisik dan mental yangn menurun. Bahaya keagamaan dan Akhirat Zina dapat mengakibatkan 4 macam Hal : Menghilangkan wibawa di wajah, mengahalangi rezeki, dimurkai ALLAH dan menyebabkan Kekal diNeraka.(HR. Ath-Thabrani)

C. Penangulangan Masalah Sex Bebas Pada Remaja : 

C. Penangulangan Masalah Sex Bebas Pada Remaja Memperdalam keimanan “memperdalam keimanan adalah meyakini bahwa ALLAH SWT senantiasa bersamanya, mendengar dan melihat, mengetahui apa yang tersembunyi dan yang tampak serta apa yang tersirat di dalam lubuk hati yang paling dalam.”

Lanjutan....: 

Lanjutan.... 2. Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat Bisa dengan olahraga, rekreasi, membaca buku yang berfaedah, membuat kerajinan tangan, mengahadiri pengajian, mengikuti perlombaan dan aktifitas bermanfaat lainnya. 3. Teman yang shaleh Memilih teman yang shaleh dan lingkungan yang baik dalam bergaul

Lanjutan....: 

Lanjutan.... 4. Menjauhi dan Menghindari media masa yang buruk. 5. Berpuasa . 6. Menggunakan cara-cara Medis Sering mandi air dingin di musim panas Memperbanyak olahraga dan latihan fisik Manjauhi makan yang mengandung merica dan rempah-rempah karena mempunyai sifat merangsang. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi minuman perangsang saraf seperti Kopi. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dan telor.

BAB III PENUTUP: 

BAB III PENUTUP KESIMPULAN Konsep tentrang Seks ditinjau dari aspek Islam dan Medis meliputi pengenalan organ-organ seks, kesehatan reproduksi, proses kehamilan dan kelahiran, bahaya seks bebas dan cara penangulangannya serta aturan-aturan Islam yang mengaturnya.

Penyebab dari kehamilan diluar Nikah khususnya pada remaja antara lain:: 

Penyebab dari kehamilan diluar Nikah khususnya pada remaja antara lain: Pengaruh negatif media masa Lemahnya keimanan Tidak adanya pendidikan seks yang benar, tepat dan dilandasi nilai-nilai agama. Lemahnya pengawasan orang tua Salah dalam memilih teman

Dampak yang timbul dari seks bebas, khususnya pada Remaja adalah:: 

Dampak yang timbul dari seks bebas, khususnya pada Remaja adalah: Bahaya fisik Bahaya prilaku dan kejiwaan Bahaya sosial Bahaya perekonomian Bahaya keagamaan dan akhirat

Penanggulangan masalah seks bebas pada Remaja antara lain:: 

Penanggulangan masalah seks bebas pada Remaja antara lain: Memperdalam keimanan Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat Berteman dengan teman yang shaleh Menjauhi dan menghindari media masa yang buruk Berpuasa Menggunakan cara-cara medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar