Sabtu, 17 November 2012

HIV/AIDS Telah Renggut 136 Jiwa di Kabupaten Malang


KEPANJEN, MALANGRAYA.info – Virus HIV/AIDS yang menyebar di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, selama kurun waktu dua tahun terakhir ini telah merenggut 136 jiwa warga yang ada di kabupaten itu.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Malang Adi Purwanto, Selasa (8/2/2011) mengakui, sejak tahun 2009 hingga Januari 2011 penderita HIV/AIDS mencapai 542 orang dan 136 di antaranya meninggal termasuk lima bayi.

Total jumlah bayi yang terinfeksi HIV/AIDS di daerah ini sebnayak 20 bayi dan lima di antaranya telah meninggal. Bayi yang terinfeksi virus HIV/AIDS ini rata-rata tertular secara berantai dari ibu dan bapaknya,”tegas Adi.

Menurut dia, orang tua bayi yang tertular HIV/AIDS ada yang sebelumnya adalah penjaja seks komersial (PKS) dan bapaknya ada yang pecandu narkoba jenis suntik, sehingga menulari ibunya dan ibunya menulari bayinya.

Ia mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS tersebut 313 orang adalah laki-laki dan 229 perempuan. Sistem penularannya juga bermacam-macam di antaranya adalah melalui seks heterogen (sering berganti pasangan) sebanyak 238 orang.

Selain itu, penggunaan narkoba jenis suntik sebanyak 128 penderita, perempuan yang tertular suaminya sebanyak 56 penderita dan faktor keturunan sebanyak 20 bayi dan lima di antaranya meninggal.

Pada tahun 2009, jumlah ibu rumah tangga yang terinfeksi virus HIV/AIDS baru 35 orang, namun pada awal 2011 sudah mencapai 56 penderita, berarti dalam dua tahun ada peningkatan hingga 21 orang.

Adi mengakui, ledakan jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Malang memang cukup mencengangkan, bahkan pada tahun 2009 lalu ada enam pelajar yang terinfeksi HIV/AIDS. Selain pelajar, juga ada seorang modin, tukang rombeng (barang-barang bekas) dan penjual sangkar burung yang berdomisili di Kecamatan Turen dan Dampit.

Sebagai langkah pencegahan, katanya, pihaknya dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat secara berkala melakukan pemeriksaan kepada para PSK yang tersebar di beberapa lokalisasi.

“Kami juga sudah mendirikan beberapa klinik Infeksi Seksual Menular (IMS) dan Voluntary and Counseling Testing (VCT) di sejumlah puskesmas di kecamatan,” ujarnya menambahkan.

Beberapa klinik IMS dan VCT tersebut berada di Pusskesmas Kecamatan Pujon, Sumberpucung, Sitiarjo, Gondanglegi, Lawang, Tumpang, Klinik VCT RS Abd Saleh, dan RSUD Kanjuruhan Kepanjen.
SPONSOREEE. . . .  . 
Akses MalangRaya.info melalui ponsel, Blackberry atau iPhone Anda di http://m.malangraya.info.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar