Kamis, 12 Januari 2012

Tips Mencegah Batu Ginjal

Tips Mencegah Batu Ginjal



Tips mencegah batu ginjal ini saya dapatkan dari dokter yang menangani saya ketika mengalami batu ginjal beberapa waktu yang lalu. Dokter memberikan tips ini kepada saya setelah saya menjalani operasi URS dan ESWL untuk menghilangkan batu pada ginjal dan ureter saya. Dan berikut ini adalah tips mencegah batu ginjal yang disarankan oleh dokter kepada saya :
  1. Banyak minum air putih, minimal 3 liter per hari, kalau bisa sampai 4 liter
  2. Banyak olahraga terutama lari, kalau bisa minimal 3 kali seminggu. Kalau bisa olahraga yang banyak loncat-loncat.
  3. Kurangi/hindari makan daging (kambing, babi, sapi) dan juga jeroan (mengandung asam urat).
  4. Kurangi/hindari makan ikan laut, kalau terpaksa kurangi garamnya
  5. Hindari makan kacang-kacangan
Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut tentang tips mencegah batu ginjal ini. Yang jelas saya sendiri setelah sembuh akan mencoba menjalan saran dari dokter yang menangani saya itu dan semoga batu ginjal saya itu tidak kambuh lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar