Sabtu, 28 Januari 2012

PROPOSAL TERAPI AKTIFITAS KELOMPOK SOSIALISASI & STIMULUS PERSEPS


A.    DESKRIPSI

Manusia adalah mahluk sosial yang terus menerus membutuhkan orang lain disekitarnya. Salah satu kebutuhannya adalah kebutuhan sosial untuk melakukan interaksi sesama manusia. Kebutuhan sosial yang dimaksud adalah rasa dimiliki oleh orang lain, pengakuan dari orang lain, penghargaaan orang lain, serta pernyataan diri. Interaksi yang dilakukan tidak selamanya memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh individu sehingga mungkin terjadi suatu gangguan terhadap kemampuan individu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengatasi gangguan interaksi pada klien jiwa, therapi aktivitas kelompok sering diperlukan dalam praktek keperawatan kesehatan jiwa karena merupakan keterampilan therapeutik. Therapi aktivitas kelompok merupakan bagian dari therapi modalitas yang berupaya meningkatkan psikotherapi dengan sejumlah klien dalam waktu yang bersamaan.

Ada dua tujuan umum dari terapi aktivitas kelompok ini yaitu tujuan terapeutik dan tujuan rehabilitatif. Tujuan terapeutik meliputi : 1) Menggunakan kegiatan untuk memfasilitasi interaksi, 2) Mendorong sosialisasi dengan lingkungan (hubungan dengan luar diri klien), 3)Meningkatkan stimulus realitas dan respon individu, 4) Memotivasi dan mendorong fungsi kognitif dan afektif, 5) Meningkatkan rasa dimiliki, 6) Meningkatkan rasa percaya diri, 7)Belajar cara baru dalam menyelesaikan masalah.

Sedangkan tujuan rehabilitatif meliputi 1) Meningkatkan kemampuan untuk ekpresi diri, 2) Meningkatkan kemampuan empati, 3) Meningkatkan keterampilan sosial, 4) Meningkatkan pola penyelesaian masalah.

Beberapa aspek dari klien yang harus diperhatikan dalam penjaringan klien yang akan diberikan aktivitas kelompok adalah :
  1. Aspek emosi
Gelisah, curiga, merasa tidak berguna, tidak dicintai, tidak dihargai, tidak diperhatikan, merasa disisihkan, merasa terpencil, klien merasakan takut dan cemas, menyendiri, menghindar dari orang lain
  1. Aspek intelektual
Klien tidak ada inisiatif untuk memulai pembicaraan, jika ditanya klien menjawab seperlunya, jawaban klien sesuai dengan pertanyaan perawat
  1. Aspek sosial
Klien sudah dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat, klien mengatakan bersedia mengikuti therapi aktivitas, klien mau berinteraksi minimal dengan satu perawat lain ke satu klien lain

Therapi aktivitas kelompok sosialisasi dan stimulasi persepsi merupakan sebagian dari terapi aktifitas kelompok yang bisa dilaksanakan dalam praktek keperawatan jiwa. Terapi ini diharapkan dapat memacu klien untuk melakukan hubungan interpersonal yang adekuat dan mengidentifikasi secara benar stimulus persepsi eksternal.

B.     MASALAH KEPERAWATAN

Therapi aktivitas kelompok sosialisasi & stimulasi persepsi ditujukan pada klien dengan masalah keperawatan :
  1. Isolasi sosial : Menarik diri
  2. Harga diri rendah
  3. Gangguan persepsi sensori : Halusinasi

C.    TUJUAN

  1. Tujuan Umum
Klien mampu meningkatkan hubungan interpersonal antar anggota kelompok dan memotivasi proses pikir dan afektif

  1. Tujuan Khusus
-          Klien mampu mengidentifikasi dan mengklasifikasi stimulus eksternal yang diberikan melalui gambar
-          Klien mampu menyebutkan identitas dirinya
-          Klien mampu menyebutkan identitas klien lain
-          Klien mampu berespon terhadap klien lain dengan mendengarkan klien lain yang sedang berbicara
-          Klien mampu memberikan tanggapan pada pertanyaan yang diajukan
-          Klien mampu menterjemahkan perintah sesuai dengan permainan
-          Klien mampu mengikuti aturan main yang telah ditetapkan
-          Klien mampu mengemukakan pendapat mengenai therapi aktivitas kelompok yang dilakukan

D.    PERSIAPAN

  1. Analisa situasi meliputi : waktu pelaksanaan, jumlah perawat, pembagian tugas perawat, alat bantu yang dipakai dan persiapan ruangan
  2. Uraian tugas perawat (therapist)
a.       Leader dan Co-Leader bertugas menganalisa dan mengobservasi pola-pola komunikasi dalam kelompok, membantu anggota kelompok untuk menyadari dinamisasi kelompok, menjadi motivator, membantu kelompok untuk menetapkan tujuan dan membuat peraturan. Pemimpin dan anggota kelompok mendiskusikan apa yang harus dilakukan selanjutnya, memotivasi kesatuan kelompok dan membantu kelompok untuk berkembang dan bergerak secara dinamis
b.      Fasilitator bertugas memberikan stimulus kepada anggota kelompok lain agar dapat mengikuti jalannya kegiatan dalam kelompok
c.       Observer bertugas mencatat serta mengamati respon klien, jalannya aktivitas therapi, peserta yang aktif dan pasif dalam kelompok serta yang drop out (tidak dapat mengikuti kegiatan sampai selesai)
  1. Proses Seleksi
a.       Berdasarkan observasi prilaku sehari-hari klien yang dikelola oleh perawat
b.      Berdasarkan informasi dan diskusi mengenai prilaku klien sehari-hari serta kemungkinan dilakukan therapi kelompok pada klien tersebut dengan perawat ruangan
c.       Melakukan kontak pada klien untuk mengikuti aktivitas yang akan dilakukan
  1. Program antisipasi masalah
Suatu intervensi keperawatan yang dilakukan dalam mengantisipasi keadaan yang bersifat darurat atau emergensi yang dapat mempengaruhi proses pelaksanaan kegiatan therapi aktivitas kelompok.

E.     KEGIATAN

  1. Perkenalan
Kelompok perawat memperkenalkan identitas diri masing-masing dipimpin oleh leader. Leader menjelaskan peraturan kegiatan dalam kelompok.
  1. Kegiatan
Klien mencari pasangan yang tepat, melakukan perkenalan dengan pasangan, melakukan perkenalan di depan kelompok, melakukan perintah permainan dan memberikan jawaban atas pertanyaan dari kelompok.
  1. Evaluasi
Setelah mengikuti kegiatan klien dipersilahkan untuk mengemukakan perasaan dan pendapatnya tentang kegiatan
  1. Terminasi/Penutup
Leader menjelaskan kembali tujuan dan manfaat kegiatan, klien menyebutkan kembali tujuan dan manfaat kegiatan.

F.     KRITERIA EVALUASI

Presentasi jumlah klien yang mengikuti kegiatan sesuai dengan yang direncanakan :
-          80% klien mendapatkan pasangan yang tepat
-          90% dari jumlah klien mampu menyebutkan identitas dirinya
-          90% dari jumlah klien mampu menyebutkan identitas klien lain
-          80% dari jumlah klien mampu bersepon terhadap klien lain dengan mendengarkan klien lain yang sedang berbicara
-          80% dari jumlah klien mampu memberikan tanggapan pada pertanyaan yang diajukan
-          70% dari jumlah klien mampu menterjemahkan perintah permainan
-          70% dari jumlah klien mampu mengikuti aturan main yang telah ditentukan
-          50% dari jumlah klien mau mengemukakan pendapat tentang therapi aktifitas kelompok yang dilakukan

G.    RENCANA PELAKSANAAN

  1. Kriteria klien yang mengikuti terapi TAK di ruang Jiwa RSUD Dr. Soetomo Surabaya.
-          Klien menarik diri yang sudah mulai berinteraksi dengan beberapa klien lain
-          Klien halusinasi yang sudah dapat mengontrol halusinasinya
  1. Peserta :

  1. Masalah Keperawatan
-          Menarik diri
-          Harga diri rendah
-          Halusinasi
  1. Persiapan
a.       Analisa Situasi
1). Waktu Pelaksanaan
      Hari/Tanggal               : Selasa, 2 Oktober 2001
      Waktu                         : Pk.08.00 – 10.00 WIB
      Alokasi Waktu            : Perkenalan dan pengarahan (5 menit)
                                            Permainan (35 menit)
  Ekpress feeling (15 menit)
  Penutup (5 menit)
2). Jumlah Perawat
      Mahasiswa PSIK        : 5 Orang
      Perawat Ruangan        : 1 orang

3). Pembagian Tugas
      Leader                         :
      Co-Leader                   :
      Observer                      :
                                         
      Fasilitator                    :

4). Alat Bantu
      Tape Recorder & Kaset
      Gambar-gambar berpasangan
      Kotak kecil
      Balon dan kertas perintah
b.      Proses Pelaksanaan
1). Perkenalan
-          Kelompok perawat memperkenalkan diri, urutan ditunjuk oleh pembimbing untuk memulai menyebut nama, kemudian leader menjelaskan tujuan dan peraturan kegiatan dalam kelompok
-          Bila akan mengemukakan perasaannya klien diminta untuk lebih dulu menunjukkan tangannnya
-          Bila klien ingin keluar untuk minum, BAB/BAK harus minta ijin pada perawat
-          Pada akhir perkenalan pemimpin mengevaluasi kemampuan identifikasi terhadap perawat dengan menanyakan nama perawat yang ditunjuk oleh leader
2). Permainan
-          Klien yang telah diseleksi dikumpulkan di tempat yang cukup luas dan duduk membentuk lingkaran
-          Leader memberikan lembaran kertas yang bergambar pasangan dari alat-yang setiap hari digunakan : piring dengan sendok, sapu dengan tempat sampah, pensil dengan buku, sepatu dengan kaus kaki, meja dengan kursi, dan membagikan pada setiap peserta secara acak.
-          Selanjutnya peserta mencari pasangannya yang sesuai dengan gambar yang dipegang. Selanjutnya berkenalan dan menanyakan identitas selengkapnya : nama, alamat, hobby, yang disukai tentang dirinya, serta ketrampilan yang dimiliki.
-          Selanjutnya masing-masing peserta menerangkan pada kelompok identitas dirinya dan pasangannya selengkap-lengkapnya.
-          Kemudian  co leader memutar kaset lagu dangdut untuk berjoget bersama masing-masing pasangan dengan berpegangan tangan. Musik dihentikan selanjutnya masing-masing pasangan meledakkan balon untuk mencari kegiatan yang dituliskan pada kertas didalam balon. Setelah kertas perintah dibaca, masing-masing pasangan melakukan kegiatan yang diminta.
-          Setelah selesai, Leader, Co leader dan motifator memotivasi klien lain untuk menanyakan sesuatu kepada klien yang sedang didepan. Kemudian klien yang didepan menjawab pertanyaan tersebut, setelah klien menjawab pertanyaan perawat memberikan reinforcement positip dan memperjelas apa yang dibicarakan /dijawab oleh klien. Kemudian dilemparkan kepada klien lagi sehingga klien memiliki persepsi yang positip/baik tanpa dipengaruhi oleh perawat.
-          Kemudian dilanjutkan dengan pasangan berikutnya dengan cara yang sama
-          Selama kegiatan berlangsung observer mengamati jalannya acara .
3). Peer Review (Evaluasi Kelompok)
-          Klien dapat mengemukakan perasaannya setelah memperkenalkan dirinya
-          Klien mengemukakan perasaannya setelah disapa oleh klien lain dengan menyebut nama
-          Klien mengemukakan pendapat tentang kegiatan ini
4).Terminasi
-          Klien dapat menyebutkan kembali tujuan kegiatan
-          Leader menjelaskan kembali tentang tujuan  dan manfaat dari kegiatan kelompok ini
  1. Antisipasi Masalah
a.       Penanganan klien yang tidak aktif saat aktifitas kelompok
-          Memanggil klien
-          Memberi kesempatan kepada klien tersebut untuk menjawab sapaan perawat atau klien yang lain
b.      Bila klien meninggalkan permainan tanpa pamit :
-          Panggil nama klien
-          Tanya alasan klien meninggalkan permainan
-          Berikan penjelasan tentang tujuan permainan dan berikan penjelasan pada klien bahwa klien dapat melaksanakan keperluannya setelah itu klien boleh kembali lagi
c.       Bila ada klien lain ingin ikut
-          Berikan penjelasan bahwa permainan ini ditujukan pada klien yang telah dipilih
-          Katakan pada klien lain bahwa ada permainan lain yang mungkin dapat diikuti oleh klien tersebut
-          Jika klien memaksa, beri kesempatan untuk masuk dengan tidak memberi peran pada permainan tersebut

DAFTAR PUSTAKA
Herawaty, Netty, Materi Kuliah Terapi Aktivitas Kelompok, FIK Jakarta 1999
Gail Wiscart Stuart, Sandra J. Sundeen, Buku Saku Keperawatan Jiwa, Edisi 3, EGC, Jakarta 1995

Pelaksanaan TAK

Tanggal                       : 9 Mei 1997  pukul  10.00- 11.00 .
Tempat                        : Ruang Perawatan Melati.
Jumlah peserta             : 10 Orang dengan masalah GHS : Menarik diri.
Metode                        : Bermain dan bernyanyi bersama.

Pembagian tugas anggota       : Leader           :
                                                : Co leader       :
                                                : Motifator       :
                                                                        :
                                                                        :
                                                : Observer        :

Jalannya Acara :
1.         FASE PERKENALAN.
-           Mengumpulkan anggota diruang Perawatan Melati.
Perawat melakukan kontrak ulang untuk mengikuti  TAK, perawat berhasil mengumpulkan sepuluh orang klien sesuai dengan rencana semula.
-           Leader memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan kegiatan TAK kepada klien kemudian co leader menjelaskan aturan permainan.
            2.         FASE KERJA
Leadermemberikan lembaran kertas yang bergambar pasangan dari alat-yang setiap hari digunakan : piring dengan sendok, sapu dengan tempat sampah, pensil dengan buku, sepatu dengan kaus kaki, meja dengan kursi, dan membagikan pada setiap peserta secara acak, selanjutnya peserta mencari pasangannya yang sesuai dengan gambar yang dipegang. Selanjutnya berkenalan dan menanyakan identitas selengkapnya : Nama, alamat, hobby, yang disukai tentang dirinya, serta ketrampilan yang dimiliki. Selanjutnya masing-masing peserta menerangkan pada kelompok identitas dirinya dan pasangannya selengkap-lengkapnya. Kemudian  co leader memutar kaset lagu dangdut untuk berjoget bersama masing-masing pasangan dengan berpegangan tangan. Musik dihentikan selanjutnya masing-masing pasangan harus menampilkan suatu ketrampilan didepa kelompok. Co leader menyiapkan gitar, dan masing-masing pasangan menyanyikan lagu dengan diiringi gitar. Setelah berhenti menyanyi Leader , Co leader dan motifator memotifasi klien lain untuk menanyakan sesuatu kepada klien yang sedang didepan. Kemudian klien yang didepan menjawab pertanyaan tersebut , setelah klien menjawab pertanyaan dan selesai bernyanyi perawat memberikan reinforcement positip dan memperjelas apa yang dibicarakan /dijawab oleh klien. Kemudian dilemparkan kepada klien lagi ,sehingga klien memiliki persepsi yang positip / baik tampa dipengaruhi oleh perawat. Selama kegiatan berlangsung observer mengamati jalanya acara .

3.         FASE TERMINASI.
-           Melakukan sharing perasaan antara klien dan perawat tentang terapi aktifitas kelompok yang dilakukan.
Klien : Merasa senang karena tidak melamun ,dapat mengurangi setress, terjalin keakraban,tidak membosankan,mengisi waktu luang dan klien menanyakan kapan ada acara seperti ini lagi.?
Perawat : Merasa senang karena klien dapat kooperatif mengikuti kegiatan TAK.
Merasa dibutuhkan oleh klien.
-           Melakukan evaluasi :
a. Proses
90 % klien berpartisipasi aktif.
90 % Klien dapat memberikan respon verbal dan non verbal yang sesuai dengan Stimulus external.
90 % Klien mampu bekerja sama dalam kelompok.
100 %Klien mengikuti kegiatan TAK sampai dengan selesai.
b. Hasil
90 % Klien mampu memperkenalkan diri /menyebutkan nama,alamt serta    mampu menjawab pertanyaan yang  diajukan oleh klien lain.
80 % Klien mampu menyanyikan sebuah lagu.
50 % Klien mampu mengungkapkan manfaat kegiatan TAK.
-           Terakhir leader menyimpulkan manfaat seluruh kegiatan dan memotifasi kepada klien untuk melakukan kegiatan serupa


Parfum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari aktifitas kita sehari hari. Saking pentingnya banyak kaum adam dan hawa yang tak percaya diri bila tidak memakai parfum. Sekejap saja kita keluar rumah, dijalan, di pasar, di tempat keramaian maka akan dengan mudah hidung kita mencium bau yang semerbak dari wewangian parfum. Berbagai macam merek parfum dijual dari harga di bawah sepuluh ribu rupiah sampai ratusan ribu bahkan ada yang mencapai jutaan.......... di PARFUM WANGI LAWANG adalah ''solusi hemat belanja parfum berkelas'' dengan 500 an aroma tersedia.
http://adeparfum.blogspot.com/

  










Menjual:
Info Perusahaan:
Nama: Ade Rama Kamanjaya [Pemilik/Pengusaha]   
E-mail: adeparfum@gmail.com   
Situs Web:  http://www.adeparfum.blogspot.com
                   http://www.parfumlawang.blogspot.com
                   http://www.adeparfum.indonetwork.co.id
Fb: copa gabana parfum lawang   
Nomer HP: 085649654913    
Nomer Telpon: 0341-9189403    
Nomer Faks: -
Alamat: Jl.Dr.Sotomo 23 Lawang, Malang , Jawa Timur .Indonesia.

ORDER LANGSUNG KE 085 649 654 913 ADE RAMA (OWNER)
TRANSFER VIA BRI aN ADE RAMA KAMANJAYA312501033796532
TRANSFER VIA Mandiri aN ADE RAMA KAMANJAYA 1440013059263

KAMI JUGA MEMBUKA KESEMPATAN BAGI ANDA SEKALIAN UNTUK BERGABUNG BERSAMA KAMI SEBAGAI RESELLER. 


ANDA BERMINAT????



SEGERA HUBUNGI KAMI, PESAN, DAPATKAN DAN RASAKAN 100% WANGI SEPANJANG HARI...!!!

UNTUK PEMESAN MINIMAL 1 LUSIN (BOLEH CAMPUR)

KAMI BERI HARGA ISTIMEWA Rp 5.000,00/ BOTOL

PEMESANAN 21 LUSIN KE ATAS KAMI
                                BERI HARGA SUPER SPESIAL Rp 4.500,00/ BOTOL

ORDER LANGSUNG KE 085 649 654 913 ADE RAMA (OWNER)

WEBSITE RESMI KAMI:
WWW.ADEPARFUM.INDONETWORK.CO.ID
  

UNTUK PELAYANAN YANG LEBIH JELAS BISA ANDA HUBUNGI KAMI: HP 085649654913 (ADE RAMA)


Kami perkenalkan Copa Gabana Perfumes, bibit parfum dari Perancis dengan tingkat kesearahan yang sangat tinggi dengan aroma parfum aslinya.

 
Bisnis kami bergerak dalam bidang wewangian dan kami merupakan agen/ distributor COPA GABANA PERFUMES dari Perancis,kami menjual esensial parfum/bibit minyak wangi untuk refill parfum import/BRANDED, bibit parfum dari COPA GABANA hampir persis dg parfum aslinya.. hingga cocok untuk bisnis yang sangat menguntungkan..


 
Sangat cocok untuk anda yang mempunyai usaha refill parfum, atau untuk anda yang ingin mulai membuka usaha di bidang refill parfum, Copa Gabana adalah solusinya. Jika anda berminat, silahkan hubungi kami, PARFUM WANGI, Jl.DR. SUTOMO 23 LAWANG, atau hubungi Hp kami di 085649654913, kami akan kirimkan pricelist Copa Gabana Perfumes yang tersedia dalam ukuran 0,5 kg dan 1 kg. Kami sangat senang dapat membantu anda.



NAMA2 AROMA BISA ANDA PILIH
KAMI TUNGGU YA ORDERNYA. . .

Untuk Yang Cewek
- 5th after five
- annasui secret wish
- annasui dolly girl
- annasui dream
- aigner in leather
- aigner black
- bulgary omnia cristaline
- burberry brit
- burberry of london
- burberry weekend
- britney in control
- britney fantasy
- britney spears
- beautiful
- benetton united
- benetton tribu
- benetton hot
- blv-woman
- blv note
- boucheron jaipur
- cartier delicious
- chic woman
- clinicque happy classic
- clinicque happy tou be
- clinicque happy heart
- clinicque simply
- ck one
- ck one summer
- ck one scene
- ck euphoria
- channel 5
- channel chance
- channel coco
- channel coco modemoise
- champagne YSL
- charlie white
- clear day
- cabotin
- cartier dragon
- D&G light blue
- davidoff cool water
- davidoff game
- davidoff echo
- dior addict 1
- dior addict 2
- dolce vita
- dkny donna karan
- dkny delicious
- dune-christian dior
- dunhill desire red
- dioresimo
- estee lauder paradise
- estee lauder pleasure
- estee lauder white line
- escada escada
- escada sentiment
- escada margareth
- escada rock n rio
- escada sexy gravity
- escada islandkiss
- escada ipiza hipy
- escada magnetism
- escada sport
- escada pacific paradise
- eternity classic
- eternity moment
- eternity summer
- elisabeth green tea
- elisabeth 5th avenue
- fcuk her
- gucci rush 1
- gucci rush 2
- gucci envy
- gucci envy me 1
- gucci envy me 2
- guess pink
- giorgi armani sensy
- givenchy erisistable
- hugo boss woman
- hugo boss deep red
- hugo boss intens
- hugo boss army woman
- hugo boss purple
- hugo boss femme
- imperio armani
- imperio armani white
- issey miyake classic
- jpg woman
- jador
- jlo glow
- jlo life
- jlo still
- kenzo flower
- kenzo leaupar
- kenzo daun
- kenzo air
- kenzo d'ete
- kenzo d'ete summer
- kenzo oriental
- lacoste touch of pink
- lacoste cool play
- lancome miracle
- miami glow
- mistery naomi
- moschino love
- miss dior cherie
- nina ricci burung
- nina ricci premier jour
- nina ricci love in paris
- perry elies
- nina ricci nina
- poeme lancome
- paris hilton
- paris hilton just me woman
- pleasure exotic
- pleasure intens
- pure poisson
- paco robana ultraviolet
- red jeans
- ralph laurent romance
- ralph laurent blue
- salvatore ferragamo
- salvatore incanto
- sensy whte rose
- samsara
- sarah jesica parker
- tender poison
- tresor lancome
- tommy girl
- tommy T
- tommy summer
- tommy truestar
- troble boucheron
- visit azzaro
- xs extreme
- xio woman
PM me For More


Untuk Yang Cowok
- aqua di gio
- armani mania
- aigner black
- aigner blue
- aigner clear day
- aigner leather
- aigner xxx
- armani city glame
- aigner x limited
- axe alaska
- allure sport
- aramis life
- bulgary pour homme
- burgary aqua
- bulgary extreme
- bulgary black
- bulgary green
- bulgary soir
- blv note
- blv blue
- burberry brit
- burberry of london
- benetton cold
- benetton united
- best chevignon
- boss immotion silver
- boss inmotion blue
- boss inmotion black
- boss inmotion green
- boss element aqua
- boss selection
- boss energise
- boss soul
- boss army
- boss bottle
- channel allure
- ck bee
- cerruti 1881
- chic carolina herrera
- clinique happy
- cartier declaration
- casablanca
- carolina herrera aqua
- contradiction
- ck grave
- dunhill desire blue
- dunhill boxer
- dunhill exentric
- dunhill fresh
- davidoff cool water
- davidoff echo
- davdidoff silver shadow
- davidoff game
- davidoff deep
- davidoff good life
- dkny delicious
- drakkar noir
- dior pour homme
- escada sentiment
- escape
- eternity summer
- eternity classic
- fcuk him
- fahrenheit
- ferrary black
- gatsby
- hugo number 1
- hermes
- intuition
- issey miyake classic
- issey miyake blue
- jaguar blue
- jaguar green
- jpg 1
- jpg 2
- kenzo batang
- kenzo leaupar
- kenzo jungle
- lacoste pour homme
- lacoste classic
- lacoste pink man
- lacoste touch of sun
- lancome hipnotise
- mont blanc individual
- mont blanck starwalker
- miracle
- miracle aquatic
- marlboro sport
- masculine
- polo sport
- polo stick
- polo black
- polo blue
- pacorobana xs
- paris hilton just me
- sultan
- statesmen
- spalding
- tommy freedeom
- tommy T
- tommy hilfiger
- trussardi jeans
- tommy truestars
- ultraviolet
- versace bluejeans
- visit azzaro
- xs black
- 212 carolina herrera
- 212 on ice
- david becham
- 212 sexy man
- tommy very cool bahama
- beyond paradise man
- higner energy dior
PM me For More

Prosedur pemesanan
1. Send SMS langsung ke saya produk yang anda pesen.
2. Nanti saya balas jumlah harga dari produk yang telah dipesan.

3. Transfer jumlah harga yang telah disepakati via
----BRI SIMPEDES 3125-01-033796-53-2 a/n ADE RAMA KAMANJAYA

----MANDIRI KCP LAWANG 144-00-1305926-3 a/n ADE RAMA KAMANJAYA

4. Nanti Barang akan saya kirim dengan menggunakan jasa pengiriman dari TIKIJNE, INDOPACIFIC

5. Ongkir ditanggung Pemesan


SUPPORT BY : 
















6 komentar:

  1. sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

    BalasHapus
  2. You have a great blog - I would think your 168 8099 apk scr888 casino game 4 readership is very high?

    BalasHapus
  3. Resources like the one you mentioned tm.scr888.com.apk here will be very useful to me! I will post a link to this page on my blog.

    BalasHapus
  4. Nicely presented information mega888 apk download 2019 in this post, I prefer to read this kind of stuff. The quality of content is fine and the conclusion is good. Thanks for the post.

    BalasHapus
  5. This is easier and surely gives ultra test xr price comfort to internet users. Thanks for sharing. Post like this offers great benefit. Thank you!

    BalasHapus
  6. I have read many blogs in mega888 ios the net but have never come across such a well written blog. Good work keep it up

    BalasHapus