TIPS MEMILIH POM BENSIN
DAN MENGISI BENSIN YANG
BENAR.
( di coppas dari Komunitas
Orang Jawa Timur )
Berikut ini saya berikan tips
buat isi di Pom Bensin yang
bagus:
1. LEBIH BAIK ISI DI POM
BENSIN PERTAMINA KODE 31
atau (Angka Kedua 1)
Tiap pom bensin memiliki
kode depan masing-masing..
dimana anda bisa
mengetahuinya ?
Pernah memperhatikan plang
nama besar saat menuju ke
SPBU? Di wilayah Jakarta dan
sekitarnya tertera huruf
31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu
bukan kode buntut. Huruf
awal pertama menandakan
kode wilayah . Sedang angka
kedua mengandung arti
kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU
berdomisili di Jakarta Jawa
Barat, Banten dan sekitarnya.
Kalo kepala 5 kayaknya
Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1
berarti kepemilikan Pertamina
sendiri. Sedangkan angka 4
berarti kepemilikan swasta
atau dealer..jadi yang penting
angka keduanya 1 gak
masalah berapapun angka
pertamanya karena itu kode
wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga
kategori SPBU. Pertama
COCO alias corporate owner
corporate operate, CODO
yakni corporate owner dealer
operate. Terakhir DODO,
dealer owner dealer operate.
Ini berdasar pada situs
spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh
pertamina, maka kualitas
SPBU model COCO dan CODO
diyakini lebih baik dibanding
DODO. Tanpa bermaksud
menyamaratakan, di sisi
bisnis bisa dimengerti, karena
ingin cepat balik modal,
pengusaha jadi berlaku
curang. kalo saya sih nyaranin
ngisi bensin sebaiknya di
SPBU yang milik Pertamina
(angka keduanya 1) karena
quality control-nya cukup
bagus..
saya denger2 juga dari supir
taksi dan orang2 yang telah
pengalaman ngecek pas ngisi
bensin katanya yang kode 31
(Angka Kedua 1)takarannya
sesuai sedangkan yang 34
agak berbeda meskipun
punya tanda "PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga
kode pertamina 31 (Angka
Kedua 1)ternyata paling baik
(kualitas bensin) dibanding
dengan yang kode 34.
cara membuktikannya:
coba bagi anda yang
menggunakan mobil/ motor
matic, pastinya akan terasa
tarikan mobilnya .jika mengisi
bensin di pertamina dengan
tanda kode 31 (Angka Kedua
1)akan terasa tarikan
mobilnya lebih kencang dan
tidak terlalu kotor dibanding
dengan tanda pom dengan
tanda kode lainnya..
Coba anda bandingkan
jumlah mobil/ motor yang
ngisi bensin di pom bensin
tersebut,,, di pom bensin
kode 31(Angka Kedua 1) pasti
sangat ramai sedangkan yang
kode 34 agak cenderung
sepi..ini udah saya buktikan
sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin
di Pom bensin 31 (Angka
Kedua 1)dan pom bensin
34..bandingkan aja dari sisi
kualitas (mesin lebih enak)
maupun kuantitasnya (yang
mana yang lebih cepat habis)
..
coba anda tanya sama supir
angkot atau supir taksi
dimana pom bensin yang
bagus, pasti sebagian besar
mereka jawab di pom bensin
31 (Angka Kedua 1) karena
mereka juga banyak ngisi di
pom bensin 31.
Kalo gak percaya bisa
dibuktikan sendiri... tapi gak
semua 34 juga yang kaya
begitu.
2. TIAP ISI BENSIN MINTA
KEPADA PETUGASNYA TUAS
HANDLE SELANG JANGAN
DITEKAN TAPI DILEPAS AJA
WAKTU DITARUH DI TANGKI
KITA
Pernah gak anda sewaktu
ngisi bensin, tuasa handle
ditekan2 begitu sama
petugasnya? pasti pernah lah
nemuinnya... kenapa begitu?
karena banyak oknum yang
nakal denanda cara
memainkan takaran bensin
dengan tanda cara seperti itu
sehingga jumlah bensin yang
kita isi lebih sedikit dari apa
yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom
bensin kode 31 (Angka Kedua
1), petugas gak pernah
menekan-nekan tuas handle
selang sewaktu mengisi
sedangkan di kode 34 liat aja
deh... kalo anda sewaktu ngisi
bensin digituin, petugasnya
ditegur aja..
3.ISILAH BENSIN WAKTU
HARI MASIH PAGI KETIKA
TEMPERATUR TANAH MASIH
DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU
mempunyai tanki
penyimpanan di bawah
tanah.Semakin dingin
tanahnya maka semakin
padat/kental bahan bakarnya.
Jika temperatur mulai panas/
hangat, maka bahan bakarnya
akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar
pada siang hari atau petang
hari..sebenarnya bahan
bakar yang diisikan ke dalam
tanki kendaraan anda jelas
lebih sedikit dibanding jumlah
liter yang anda beli.Dalam
bisnis perminyakan, gravity
yang spesifik dan temperatur
bensin, diesel dan bahan
bakar pesawat jet, ethanol
dan produk minyak lainnya
punya peranan penting.
Kenaikan 1 derajat
merupakan hal yang sangat
berpengaruh dalam business
ini. Tetapi SPBU tidak
memberikan anda rugi/
kompensasi karena
temperatur
4.ISI BENSIN SAAT TANKI
KENDARAAN ANDA MASIH
SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin
banyak bahan bakar yang ada
di tanki kendaraan, maka
semakin sedikit udara yang
ada di bagian tanki yang
kosong. Bensin menguap
lebih cepat dari pada yang
bisa kita bayangkan. Dalam
bisnis perminyakan biasanya
tanki penyimpanan bensin
mempunyai apa yang kita
sebut atap yang mengapung
(floating roof) yang berfungsi
sebagai clearance zero antara
bensin dan atmosfer sehingga
penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak
terdapat di SPBU.
5.JANGAN ISI BENSIN JIKA
ADA TRUK BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI
PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar
akan teraduk saat bahan
bakar dipompakan dari truck
ke tanki penyimpanan SPBU,
dan kemungkinannya akan
ada kotoran di dasar tanki
penyimpanan yang teraduk
naik dan terikut masuk ke
tanki kendaraan anda..
~ Semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar